Mahasiswa Keren TIPA : Semester 5 Tembus Sinta 2

Mufidatus Sholihah dan M. Ma’arif Ikhsanudin

Mahasiswa semester 5, Mohammad Ma’Arif Ikhsanudin dan Mufidatus Sholihah IAIN Kediri berhasil tembus publikasi artikel ilmiah di Jurnal Terakreditasi Nasional Sinta 2. Mahasiswa semester 5 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alan (IPA) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri ini sangat tekun dalam proses pengembangan media hingga penulisan artikel ilmiah sehingga usahanya berbuah manis.

Kali ini Tahun 2022 artikelnya berjudul “Development of a Simple Micriscope from Used Goods as a Science  Learning Media.” Terbit pada index Sinta 2 Indonesia Journal Applied Research Vol. 3 No. 2 (2022).

Kita tahu sendiri, semakin berkembangnya zaman, maka mahasiswa generasi “milenial” memiliki tuntutan akademik yang lebih berat dibanding mahasiswa generasi ‘kolonial’ dulu. Salah satunya adalah kemampuan menulis karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional atau internasional. Memiliki karya ilmiah di jurnal menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Namun, proses menulis artikel, sejak mengirim sampai terbit tidak mudah. Banyak tantangan, liku-likunya juga panjang. Hal ini dialami oleh dua mahasiswa Tadris IPA IAIN Kediri.

Kisah keberhasilan mahasiswa ditempuh dengan jalan yang cukup panjang. Mula-mula mahasiswa mencari ide tema penelitian, kebetulan mereka bergabung di TIPAGO, sehingga ada pemberian masuan dari dosen pembimbing Ibrahim Bin Sa’id, P.hD. kemudian mereka mengembangkannya dengan penuh antusias dan menghasilkan karya yang membanggakan.

Dalam proses penyusunan artikel, mahasiswa memiliki kendala dalam proses pengembangan mikroskop pada tahapan penentuan bahan yang akan digunakan. Mahasiswa perlu mencari ide mencari bahan yang bisa terjangkau, berkualitas, dan berdaya guna sesuai harapan. “Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih banyak untuk semua pihak yang terlibat dalam proses ini. Ada satu pesan yang saya ingat kalau tidak boleh down, tetap semangat dan harus percaya banyak keajaiban yang tidak kita ketahui”. Ujar Mufida.

“Selamat untuk teman-teman akademisi mahasiswa generasi hebat. Tembus di jurnal Sinta 2 merupakan obsesi, prestasi, dan kebanggaan banyak pihak,” ungkap Ummiy Fauziyah Laili, M.Si., Ketua Program Studi Tadris IPA, Selasa, 21/02/2023.

Diakhir penyampaiannya, Ummiy mengatakan, akan terus mendorong para mahasiswa untuk yang sedang  dalam tahapan perencanaan penelitian, dengan membuat tema-tema penelitian yang menarik, serta memiliki inovasi dan menjadi perhatian banyak pihak sekaligus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.